Sejarah

By Muhammad Aini 14 Nov 2018, 20:29:00 WIB

Sejarah.

Pada tahun 70 an, Desa Muning Baru awalnya termasuk wilayah Desa Bayanan pada tahun 1960 dan saat itu desa dipimpin oleh seorang pambakal yang bernama Adimin, setelah itu di gantikan oleh Hamdi, kemudian diteruskan oleh anaknya yang bernama Yunani.

Pada tahun 1977, terjadi pemekaran wilayah menjadi Desa Bayanan dan Desa Muning, Desa Muning dipimpin oleh seorang pambakal berama Hamsi.

Kemudian pada tahun 1982 Desa Muning mengalami pemekaran kembali menjadi Desa MUning, Desa Muning Tengan, dan Muning Dalam. Sejak saat itu, Desa Muning merupakan desa devinitive (memiliki SK Gubernur yang di setujui oleh Mendagri). Dari enam belas (16) desa yang ada di Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dengan status hukumnya berarti memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri yang diakui dalam system pemerintahan nasional yang berada dalam Ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Desa Muning masih dipimpin pambakal Hamsan, dan pada tahun 1988 kepemimpinan digantikan oleh pambakal Lamsuni. Pada Tahun 1989 terjadi lagi pemekaran desa, yaitu Desa Garis dan berlangsung selama empat (4) tahun.

Pada Tahun 1992, Desa Muning masih di pimpin oleh Lamsuni. Tahun 2009 kepemimpina di teruskan oleh Nasrullah, kemudian pada Tahun 2015 sampai dengan sekarang Desa Muning Baru di pimpin oleh Gusriadi, S.Pd